Minggu, 25 Juni 2023

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Membawa Anak Bermain di Pantai

Saking seringnya main ke pantai, kadang kami spontanitas saja kalau mau ke pantai. Tiba-tiba mengajak tanpa persiapan. Cuma bawa perlengkapan mandi saja. Padahal ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika mengajak anak-anak main ke pantai. 



Berikut yang harus kita perhatikan kalau mau mengajak anak-anak ke pantai :

1. Kondisi anak

Pastikan bahwa kondisi anak sedang baik badannya. Tidak ada keluhan seperti gejala masuk angin dan sebagainya. Karena di pantai anginnya lumayan kenceng. Apalagi perbedaan suhu udara yang panas sedangkan airnya dingin. Bisa jadi persoalan tersendiri bagi anak-anak.

Dulu saya pernah membawa Andhin ke pantai ketika usia 1,5 tahun. Itu pertama kalinya mengajak Andhin. Pulang dari pantai, besoknya anaknya masuk angin. Muntah-muntah semalaman. 

Setelah saya pikir-pikir, kemungkinan karena main ke pantai tanpa persiapan. Angin yang kencang jadi masalah juga. Belum lagi air di kamar bilas pasti dingin, gak ada air hangat, padahal Andhin masih rutin mandi pakai air hangat. Dan parahnya, saya tidak membawa minyak telon/kayu putih buat menghangatkan tubuhnya.

Kalau inget itu, rasanya masih pengen nangis, seceroboh itu hiks.

2. Perlengkapan berenang 

Kalau tidak mau pakai baju renang, pastikan baju yang dipakai anak memudahkan mereka bergerak di pantai.

Saya pernah melihat anak perempuan pakai gamis biasa main air di pantai. Menurut saya itu cukup berbahaya ya, karena gerakannya tidak leluasa. Takutnya malah keserimpet baju. Yang liat aja berasa riweuh bun.

Jangan lupa bawa pelampung kalau membawa anak kecil lebih dari 2 orang. Kenapa? Karena bapak dan ibu biasa cuma bisa fokus ke masing-masing 1 anak. Takutnya yang 1 ngalayap dewe. Atuhlah bayangin aja ngeri akutu.

3. Perlengkapan mandi 

Kalau yang bawa balita masih pakai air anget, bisa banget bawa termos air panas. Gak usah malu, gak ada yang kenal juga wkwk. Yang penting anak-anak sehat semua kan yak.

Printilan mandi seperti sabun, handuk dan baju ganti jangan lupa. Dan gak kalah penting, minyak buat anget-anget bun. Jadi, kalau gak bawa air termos badannya tidak terlalu dingin dalam waktu lama.

4. Makan setelah berenang

Begitu selesai main air, pasti pada laper kan yak. Seringnya saya bawa cemilan dari rumah. Kalau toh mau jajan juga ada dia sekitar pantai.

Yang pasti saya selalu nyari teh anget buat anak-anak. Cuaca seterik apa pun, teh anget dulu deh. Buat menghangatkan badan mereka dari dalam. Setelah itu mau mampir makan di mana monggo aja.

5. Sunscreen dan pelembap

Sepertinya sepele ya bun, tapi setelah beberapa kali ngajak anak-anak jeguran di pantai. Mulai timbul putih-putih di mukanya.

Disinyalir air pantai atau ketika cuaca panas malah kungkum di pantai. Haha sama aja lah ya. Saya jadi inget dulu setelah rutin renang, muka saya juga keluar putih-putih seperti panu tapi bukan panu #heyak.

Kuncinya di lotion pelembap, sebelum dan sesudah nyemplung. 

Mana matahari terik banget kan ya akhir-akhir ini. Jadi saya bawain pelembap serta sunscreen buat anak-anak. 

Anak cowok gak mau pakai haha tapi tetep mamaknya maksa. Oles tipis-tipis.

Okeh. Dari 5 poin di atas tentang hal-hal yang harus diperhatikan jika membawa anak main ke pantai dari versi saya. Mungkin ada yang mau ditambahkan? Dengan senang hati saya nungguin saran lain yak.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ayok Dolan Yok Template by Ipietoon Cute Blog Design