Minggu, 30 Juli 2023

Kura-Kura Ocean Park di Pantai Kartini Jepara

Pantai Kartini sudah sangat terkenal di Jepara. Tapi, kali ini saya tidak ingin menceritakan tentang pàntai Kartini, tapi salah satu objek wisata yang ada di lingkungan pantai Kartini yaitu Kura-Kura Ocean Park. 



Kura-kura Ocean Park ini bisa dibilang seaworldnya Jepara, aka seaworld dengan kearifan lokal.

Tiket masuk Kura-Kura Ocean Park adalah 15.000 untuk anak-anak dan 20.000 untuk orang dewasa. Sedangkan jam bukanya dari jam 08.00-18.00 wib

Kenapa dinamakan kura-kura? Ya karena bentuk bangunannya serupa kura-kura raksasa.

Jujur sih, dari luar kura-kuranya kelihatan keren banget. Jadi ekspektasinya juga tinggi untuk dalamnya ya.





Beberapa tahun lalu ke sini, kesan singup dan gelap terasa sekali. Rasanya pengen cepet-cepet keluar kalau gak liat anak seneng bener liat ikan-ikan. 

Tapi tahun lalu pas ke sini bareng rombongan sekolah anak. Tampaknya mulai sedikit berbenah. 

Tempatnya sudah tidak sesuram sebelumnya dan kondisi lebih bersih untuk area dalam. 

Masuk ke area dalam, di awal ada touh pool, yang mana berisi ikan-ikan kecil dan kura-kura kecil yang bisa disentuh. Banyak anak suka sekali di sini karena bisa eksplorasi ke hewan-hewan laut.

Di sekeliling bangunan, banyak terdapat aquarium-aquarium yang terdapat brbagai jenis ikan. Ikan-ikannya dikelompokan sesuai dengan jenisnya. Misal ikan bandeng, nah jadi semua di aquarim kecil itu isinya ikan bandeng.

Ada juga aquarium yang lebih besar di tengah. Jadi, kalau kita jalan di lorong, kanan kiri kita biasa lihat ada ikan-ikan besar yang berenang.

Penghuninya ganti-ganti sih. Pernah banyak banget kura-kura gedenya. Pernah juga ikan hiunya yang banyak  dan pernah juga ikan-ikan batu yang item gede gitu nongol mulu haha

Di lantai 2, ada alat-alat peraga tentang pengetahuan alam. Seperti gunung berapi, dan alat sains lain. Hanya sayangnya banyak yang rusak. Padahal cukup menarik bagi anak-anak yang pengen nyobain.

Dan, tangga menuju lantai 2 ini termasuk curam. Deg-degan pas naik turun.

Ada juga fish spa tapi maaf saya gak pernah nyobain. Karena dulu pernah di tempat lain dan cukup sekali itu aja hehe

Tempat ini sebenarnya bagus banget sebagai tempat edukasi tentang biota laut ke anak-anak. Jadi diharapkan perbaikan ke depan bisa terus ditingkatkan. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ayok Dolan Yok Template by Ipietoon Cute Blog Design