Minggu, 19 Maret 2023

Ruang Bermain Ramah Anak Alun-Alun Jepara

Pagi ini kami sekeluarga ke alun-alun Jepara (lagi). Sampai di sana, bapaknya dengan aktivitas beliau, mensosialisasikan tentang bahasa isyarat untuk teman-teman disabilitas. Karena sudah beberapa kali ke sini. Anak-anak sudah mulai bosen, terutama si Dhika. Dhika pengennya ke pantai. Memberi makan rusa sudah tidak terlalu menarik bagi si bocil 4 tahun ini. Apalagi di suruh lari-lari doang.



Suami kemudian menyuruh mengajak ke taman bermain di sebelah alun-alun. Waktu kapan hari udah liat sih, tapi karena duo bocil lebih tertarik sama rusa, jadi ya rusa dulu. 

Ternyata taman ini merupakan Ruang Bermain Ramah Anak. Saya ingat beberapa tahun lalu sepertinya gagasan RBRA ini booming banget. Dan di setiap kabupaten/kota harus ada RBRA. 

9


Karena ingin tahu lebih dalam tentang apa sih RBRA? Saya mulai googling dan menurut web Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) adalah ruang yang dinyatakan sebagai tempat dan/atau wadah yang mengakomodasi kegiatan anak bermain dengan aman dan nyaman, terlindungi dari kekerasan, dan hal-hal lain yang membahayakan, tidak dalam situasi dan kondisi diskriminatif, demi keberlangsungan tumbuh kembang anak secara optimal dan menyeluruh, baik fisik, spiritual, intelektual, sosial, moral, mental, emosional, dan pengembangan bahasa. RBRA dapat dibangun dan dikembangkan di lingkungan alami dan lingkungan buatan. Penyelenggaraan RBRA adalah untuk meningkatkan kualitas anak dalam hal kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial budaya, kecerdasan Bahasa dan komunikasi serta keterampilan motorik dan fisik. 

Penyelenggaraan RBRA juga merupakan salah satu upaya percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) pada tahun 2030 yang diperkuat dengan disahkanya Peraturan Presiden (Perpres) No 25 Tahun 2021 Tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak.



Berat ya gaes bahasannya wkwk. Anyway busway, RBRA di alun-alun Jepara ini cukup bagus dan bersih. Kebanyakan yang kemari memang keluarga dengan anak-anak kecil, tapi saya juga menjumpai beberapa remaja yang asik nongkrong sambil ngobrol sama teman-temannya di sini. Secara banyak pepohonan rindang, jadi memang oke banget buat istirahat setelah berolahraga.



Dengan fasilitas permainan anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, perosotan, panjat-panjatan dan lain-lain. Di sini juga ada kolam air mancur, di kolamnya ada ikan-ikan warna-warni. Ini jadi daya tarik tersendiri buat anak-anak. Dhika lama banget ngendon di sini karena pengen liat ikan, sayangnya airnya menghijau ya, kalau lebih bening tambah ok sepertinya.

Menariknya lagi, di beberapa tanaman ada plang namanya. Andhin membaca sekaligus melihat-lihat tanamannya seperti apa. Dia bahkan menyelutuk, "Ibu, itu pohon beringin ya? Aku baru liat pohon beringin sekarang". Jadi kepikiran, wah bagus juga nih buat pembelajaran anak-anak. Main sambil jalan-jalan dan sekaligus belajar. 

Yang disayangkan, toiletnya bau dan kotor.  Kurangnya itu aja sih dari RBRA alun-alun Jepara ini. Selebihnya oke banget buat anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ayok Dolan Yok Template by Ipietoon Cute Blog Design