Sabtu, 04 Februari 2023

Ayo Nangkring di Angkringan Anyar, Pecangaan Kulon, Jepara

Angkringan itu apa sih? Nama angkringan berasal bahasa Jawa, yaitu angkring yang artinya adalah alat dan tempat jualan makanan keliling. Kalau di daerah Jawa, saat ini angkringan identik dengan sebuah gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan. Di Solo maupun Klaten angkringan dikenal sebagai warung HIK atau wedangan. 



Beberapa orang bahkan saya sendiri sering menyebut angkringan ini sebagai kucingan. Karena salah satu menu terbanyak dari angkringan ini ya nasi/sego kucing. Kenapa disebut nasi kucing? Ya karena porsinya sedikit, seperti buat makanan kucing haha. 

Angkringan/kucingan identik sebagai kuliner yang murah meriah. Harganya murah dan bisa mencicipi berbagai masakan yang memang digemari masyarakat. Apa saja sih menu angkringan? Menunya ada nasi kucing, sate usus, sate telur puyuh, sampai aneka baceman tersedia di angkringan. Dengan porsi yang sederhana, akan membuat kita ingin terus menambah berbagai macam camilan pendampingnya. Tentu saja gorengan jadi salah satu yang akan menggoda. Iya, gorengan, duh ngiler haha.



Saya beberapa kali beli nasi kucing di angkringan, tapi susah-susah gampang lo dapat angkringan yang harga murah tapi rasa gak murahan. Kadang malah harganya jatuhnya mahal. 

Nah, kebetulan beberapa waktu lalu di dekat rumah nih ada angkringan baru yang nangkring di pinggir jalan. Di jalan utama sebelum balai desa Pecangaan kulon. Mulai buka sekitar jam 5 sore. Awalnya pak suami uang coba-coba, karena enak, dibawa deh ke rumah supaya istri bisa ngincipi juga haha.

Tidak butuh waktu lama, angkringan ini sudah punya banyak pelanggan. Selain harga yang murah, rasanya juga enak. Seringnya sih kami beli nasi teri lombok ijo 2 bungkus, 1 bakwan, 1 sate keong sama 1 sate usus. Total segini cuma sekitar 14rb. Noh, gimana gak berbinar-binar si ibuk tau tempat murah meriah begini, cucok banget buat menu tanggal tua wkwk. Berdua cuma habis sekitar 25-30 ribu. Seringnya kami bawa beli dan makan di rumah. Sesekali pengen nongkrong juga di situ sih, cuma cuaca akhir-akhir ini kurang mendukung. Mudah-mudahan kelakon deh pacaran sama suami di angkringan. Ya Allah kagak elit blas haha.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ayok Dolan Yok Template by Ipietoon Cute Blog Design